Remaja Gayamsari IV Kel.Gemah Kec. Pedurungan, berkeliling kampung menabuh drum dan barang bekas, untuk membangunkan orang sahur

dailyvideo

LBH Semarang Soroti Penataan Pedagang

SEMARANG - Penataan pedagang kaki lima (PKL) yang mulai digalakkan Pemerintah Kota (pemkot) Semarang mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Salah satunya yakni sorotan dari YLBHI-LBH Semarang.

Pihak LBH tersebut mendesak agar pemkot serius dan berkomitmen untuk menata PKL.

Staff YLBHI-LBH Semarang, Andiyono SH, mengatakan, jika PKL tak selayaknya dipaksa pindah demi kepentingan pembangunan.

Ia menilai jika PKL juga memberikan pendapatan bagi pemkot melalui penarikan retribusi dan pendapatan yang lainnya.

" Biasanya kawasan PKL juga menjadi tujuan wisata khususnya wisata kuliner karena mempunyai daya tarik tersendiri," katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pemkot serius dalam memperhatikan nasib PKL melalui penataan yang bagus. Selain itu, pihaknya juga menolak segala bentuk upaya penggusuran terhadap PKL yang tanpa solusi.

" PKL Pahlawan itu hanya diberi surat peringatan untuk segera pindah tanpa diberikan solusinya," ungkap Andiyono.

Menurutnya, penggusuran PKL tak akan memecahkan permasalahan. Justru malah menambah persoalan menjadi panjang. Pasalnya, dengan penggusuran tersebut PKL akan menjadi pengangguran. Hal itu berarti menambah daftar kemiskinan di Kota Semarang.Keberadaan PKL akhir-akhir ini memang mengundang perhatian tersendiri.

Apalagi dengan kebijakan pemerintah yang akan membenahi para PKL Kota Semarang. Akan tetapi, kebijakan tersebut selalu mendapat penolakan dari PKL. Mereka menilai, kebijakan yang ditawarkan pemerintah bukan merupakan solusi dan cenderung merugikan PKL. Contohnya, ketika ada pembangunan yang berdekatan dengan tempat jualan PKL, maka mereka selalu menjadi barisan terdepan yang dikorbankan dan dipaksa mengalah." kenapa pemerintah semarang tidak bisa berkaca dari kejadian sebelumnya. Harusnya pemerintah memberikan solusi yang terbaik untuk kami agar kami tetap bisa mencari nafkah bukan malah menggusur, " keluh jauhari, salah seorang pedagang di Kawasan Jalan Pemuda ini.

Dia mengharap agar pemkot memberikan perhatian terhadap keberadaan PKL. Pasalnya, mereka juga merasa warga Semarang yang patut mendapat pengakuan di Semarang. " Kalau kami mau digusur ya beri kami tempat pengganti yang sama strategisnya dengan tempat lama, " harapnya. (mg8)

sumber: radar semarang

Posted by ThoLe on 07.14. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �LBH Semarang Soroti Penataan Pedagang�

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery