Remaja Gayamsari IV Kel.Gemah Kec. Pedurungan, berkeliling kampung menabuh drum dan barang bekas, untuk membangunkan orang sahur

dailyvideo

Razia Daging Glonggongan

Diduga Sudah Bocor

SEMARANG--Tujuh hari (H-7) jelang Lebaran, petugas satpol PP Kota Semarang dibantu personel Polrestabes, Kamis (2/9) malam, menggelar razia daging glonggongan. Sasarannya dua tempat. Yaitu, di Pasar Johar dan Pasar Wonodri. Diduga rencana razia sudah bocor, petugas tidak menemukan daging glonggongan.

Petugas merazia dengan mengecek mobil yang hendak menurunkan daging, mulai pukul 00.00 hingga 03.00 dini hari. Semua daging, baik daging segar maupun jeroan, tak luput dari pemeriksaan. Petugas juga memeriksa daging yang telah distempel di pos pemeriksaan daging Dinas Pertanian Kota Semarang.

Kasubag Bin Ops Polrestabes Semarang Kompol B. Suprihatin, pemeriksaan daging yang masuk ke Kota Semarang jelang Lebaran diperketat. Sebab, disinyalir pada momentum tersebut, banyak pedagang yang tidak bertanggung jawab melakukan kecurangan. Yaitu, memasarkan daging glonggongan yang tidak layak dikonsumsi.

"Kami membantu petugas satpol PP untuk merazia daging glonggongan jelang Lebaran ini." Setelah memeriksa beberapa mobil pembawa daging, pihaknya tak menemukan daging glonggongan.

Disinggung indikasi kebocoran rencana razia, Suprihatin tidak menampik kemungkinan tersebut. Karena kemajuan teknologi, kemungkinan kebocoran bisa saja terjadi. "Kami tidak tahu razia ini telah bocor atau tidak, tapi dengan kemajuan teknologi, ada celah untuk itu. Karenanya, kami terus melakukan razia."

Kepala Satpol PP Kota Semarang Tri Supriyanto melalui Kabid Operasi Sumardjo menjelaskan, pedagang daging ilegal melanggar Perda No 6 tahun 2007. Pelakunya bisa dijerat UU Nomor 23/1992 tentang Kesehatan. Juga UU No 7 Tahun 1996 tentang Pangan dan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Jika didapati adanya pedagang yang membawa daging glonggongan, pihaknya akan didata di kantor Satpol PP Kota Semarang. Sementara daging ilegal akan diserahkan ke Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang untuk dimusnahkan

Masyarakat perlu mengetahui ciri-ciri daging glonggongan. Daging jenis ini, sekitar 30-40 persen dari beratnya, adalah air. (dit/isk)

sumber : radar semarang

Posted by ThoLe on 06.53. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �Razia Daging Glonggongan�

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery