Remaja Gayamsari IV Kel.Gemah Kec. Pedurungan, berkeliling kampung menabuh drum dan barang bekas, untuk membangunkan orang sahur

dailyvideo

Seminar Perkembangan Musik DKJT :“Musik Negeri Ini seperti Jagad Misteri”

BAMBANG Iss, salah seorang pengamat musik Kota Semarang terlihat sedikit gusar saat menyampaikan materi pada Seminar Perkembangan Musik di Jawa Tengah gelaran Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT), Minggu (5/9) lalu. Seminar mengusung tema “Mewujudkan Potensi Musisi Jawa Tengah Go On.”
Dunia musik saat ini, menurut Bambang, bagaikan jagad misteri. Karena kuping pendengar musik Indonesia sudah tidak jelas lagi membedakan karya musik yang bermutu atau tidak.
Bahkan, lebih jauh Bambang mengungkapkan bahwa beberapa tahun terakhir ini iklim dunia musik Indonesia semakin tidak ketahuan juntrungnya. Hampir semua lagu yang diputar setiap hari memiliki tema seragam. Samasekali tidak ada inovasi dan eksplorasi dalam aransemen, lirik, irama, ataupun tema.
“Termasuk juga orang-orang yang ngaku-ngaku sebagai produser, keberadaan mereka semakin memperburuk keadaan. Para produser itu hanya bisnisman yang memiliki modal kapital tanpa memiliki sedikit pun wawasan musik,” ujar Bambang.
Bambang juga mengkritik pedas para pengelola stasiun televisi (swasta) yang menurutnya turut andil merusak musik Indonesia dengan menayangkan program musik setiap hari yang berisikan barisan musisi yang membawakan lagu-lagu tak bermutu.
Menurutnya, bagi para musisi muda yang memang ingin berkiprah di ranah seni musik, akan lebih baik jika memilih jalur indie, karena lebih terjaga dan terpercaya dari sisi kualitas bermusik. Meski nantinya berisiko tidak akan dikenal di luaran sana.
Selain membahas seputar perkembangan musik, seminar yang dihelat di Gedung PWI Jateng, Jalan Trilomba Juang, Mugas, Semarang ini juga diisi dengan pelatihan seni mencipta lagu secara praktis oleh Jalis Adiluhung dan juga seni mencipta syair lagu yang disampaikan oleh Ketua Komite Musik DKJT Bambang Suprayogi.
Sebelumnya, pengamat musik Heru Emka menjadi pembicara pertama. Di acara yang dirangkai dengan buka puasa bersama ini, Heru membedah tentang kekuatan lirik di dalam musik lewat materi bertajuk Pamor Abadi Tembang Balada. (hery)

sumber : harian semarang

Posted by ThoLe on 12.16. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for �Seminar Perkembangan Musik DKJT :“Musik Negeri Ini seperti Jagad Misteri”�

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery